+62 24 8312162

Hot Line Number

+62 24 8446048

Fax

Jl. Sompok Lama no. 62c Semarang

Kantor Pusat

Bangkit Sebagai Yang Sulung

Bangkit Sebagai Yang Sulung

Bacaan Alkitab: ”Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.” (1 Korintus 15:20)

Konrad Adenauer, mantan kanselir Jerman Barat, berkata, “Jika Yesus Kristus hidup, maka dunia memiliki harapan. Jika tidak, saya tidak dapat melihat seberkas pun sinar harapan bagi dunia.” Kemudian ia menambahkan, “Saya percaya kebangkitan Kristus merupakan salah satu fakta sejarah yang paling sahih.”

Kebangkitan Kristus dan kebangkitan kita adalah satu. Demikianlah pemikiran Paulus dalam 1 Korintus 15. Dan jika Kristus tidak bangkit dari kubur, apa yang tersisa? Pengajaran yang kosong (1 Korintus 15:14), kesaksian palsu (1 Korintus 15:15), iman yang sia-sia (1 Korintus 15:17), dosa yang tidak terampuni (1 Korintus 15:17), tidak adanya kehidupan setelah kematian (1 Korintus 15:18), dan tidak adanya harapan (1 Korintus 15:19).

Namun, Kristus benar-benar bangkit dari kubur. Paulus menegaskan bukti kebangkitan-NYA dalam ayat 1-11. Ia menyebutkan daftar para saksi terpercaya yang menyaksikan kebangkitan Tuhan: Petrus (ayat 5), 500 orang (ayat 6), semua murid (ayat 7), dan Paulus sendiri (ayat 8).

Ketika filsuf Yunani Sokrates terbaring sekarat, teman-temannya bertanya, “Akankah kita hidup lagi?” Ia hanya bisa menjawab, “Saya harap demikian.” Sebaliknya, malam sebelum penulis dan penjelajah Sir Walter Raleigh dipenggal kepalanya, ia menulis dalam Alkitabnya, “Dari bumi ini, kubur ini, debu ini, TUHANku akan membangkitkan aku.”

Jika kita memercayai Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, kita tidak akan mengatakan, “Saya harap demikian” mengenai kebangkitan kita. Kebangkitan Kristus memberikan harapan yang pasti kepada kita, bukan semoga, bukan mudah-mudahan.

Hikmat hari ini: Kebangkitan Kristus adalah jaminan bagi kebangkitan kita sendiri.

Selamat memasuki hari baru hari ini, ”Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus.” (1Korintus 11:1). Tetap jalani protokol kesehatan di era New Normal dengan setia dan tulus hati. Jesus Christ bless you (sp).

Leave a Reply