+62 24 8312162

Hot Line Number

+62 24 8446048

Fax

Jl. Sompok Lama no. 62c Semarang

Kantor Pusat

RESPONS terhadap KEMALANGAN yang BANYAK

RESPONS terhadap KEMALANGAN yang BANYAK

Sahabat, ada teman pelayanan yang berbagi cerita  tentang kemalangan yang menimpa dirinya dan keluarganya secara bertubi-tubi dalam empat tahun terakhir. Dia bercerita melalui WA, WA Voice, WA Call, kadang-kadang kami menyempatkan diri bertemu sambil menikmati kopi di waktu sore. Teman kami seorang yang aktif terlibat dalam pelayanan di gerejanya dan di beberapa lembaga gerejawi. Ketika saya bersama 3 orang teman sedang merintis pembukaan gereja baru, dengan setianya dia mengirimkan sebagian perpuluhannya untuk mendukung program gereja kami tersebut.

Firman Tuhan berkata bahwa orang benar diizinkan oleh Tuhan untuk mengalami kemalangan, dalam jumlah yang banyak. Apakah itu berarti Tuhan tidak mengasihi umat-Nya, sehingga Dia membiarkan umat-Nya mengalami kemalangan yang bertubi-tubi? Tidak! Justru dengan kemalangan yang diizinkan terjadi, umat-Nya memiliki kesempatan untuk mengalami kuasa Tuhan secara nyata.  Ada janji firman-Nya untuk kita yang diizinkan mengalami kemalangan, yakni bahwa Tuhan akan melepaskan kita dari semua kemalangan itu. Dilepaskan dari kemalangan berarti ada jaminan kekuatan, topangan tangan kasih-Nya, juga solusi dari setiap permasalahan yang kita alami, sehingga kita akan keluar sebagai pemenang. 

Sahabat, bagi kita yang sedang meragukan kasih Tuhan karena berbagai kemalangan yang sedang kita alami, kiranya janji firman Tuhan memberi penghiburan dan penguatan bagi kita. Percayalah bahwa Tuhan tidak pernah menunda waktu untuk melepaskan kita dari kemalangan hidup. Ketika  “waktu-Nya”  tiba, kelepasan yang dari Tuhan akan kita alami.

Untuk mendalami topik tentang: “Respons terhadap kemalangan yang banyak”, Bacaan Sabda pada hari ini saya ambil dari Mazmur 34:1-23. Mazmur Daud tersebut mengajak orang untuk menyadari konsekuensi menjadi orang benar. Namun bukan dalam nada putus asa, melainkan tetap penuh pengharapan.

Berdasarkan hasil perenunganmu dari bacaan kita pada hari ini, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini:

  1. Dalam pelarian dan penderitaannya, apa saja yang dirasakan oleh Daud? (Ayat 5-7)
  2. Dalam pelarian dan penderitaannya, kebaikan Tuhan berupa saja yang telah dialami oleh Daud? (Ayat 5, 7, 8, dan 19)
  3. Sekalipun kemalangan orang benar banyak, tapi apa yang dinyatakan Daud dalam ayat 16?
  4. Apa artinya pernyataan Daud dalam ayat 20: “Kemalangan orang benar banyak”?
  5. Di tengah pelarian dan penderitaannya, apa ajakan Daud kepada umat-Nya? (Ayat 2-4)
  6. Setelah Daud mengalami kebaikan Tuhan, apa yang menjadi respons Daud? (Ayat 10 dan 12)

Selamat sejenak merenung. Tuhan memberkati. (pg)

Leave a Reply