+62 24 8312162

Hot Line Number

+62 24 8446048

Fax

Jl. Sompok Lama no. 62c Semarang

Kantor Pusat

Mendatangkan SUKACITA, KEBAHAGIAAN, dan NIKMAT Senantiasa

Mendatangkan SUKACITA, KEBAHAGIAAN, dan NIKMAT Senantiasa

Selamat jumpa para Pendukung Kristus, apa kabar? Salam sehat penuh syukur karena kita memiliki Tuhan yang hidup dan peduli dengan pergumulan kita. Sahabat, hari ini, 8 Juni 2021 merupakan hari ulang tahun pernikahan kami yang ke-39. Dari pernikahan kami, saat ini kami telah dikaruniai Tuhan dua orang anak dan 3 orang cucu.  Untuk itu hari ini saya akan membagikan refleksi dari satu perikop yang menjadi rhema bagi kami dalam menjalani hidup berumah tangga. Perikop tersebut terdapat di Mazmur 16:1-11.

Saya mengenal istri saya di GKMI Semarang. Kami sama-sama terlibat pelayanan di Komisi Pemuda Natanael dan Komisi Sekolah Minggu. Sangat menarik Mazmur 16 dimulai dengan doa permohonan agar Tuhan melindungi Daud (ayat 1), akan tetapi ayat-ayat selanjutnya merupakan pernyataan keyakinan Daud bahwa Tuhan pasti melindungi dirinya (ayat 2-11).

Sahabat, Daud  yakin, Tuhan adalah yang terbaik bagi hidupnya (ayat 2 dan 5). Digambarkan seperti seorang yang beroleh harta warisan atau tanah pusaka, demikian anak-anak Tuhan mendapatkan yang terbaik. Itu sebabnya Daud memuji Tuhan dan selalu hidup mengandalkan-Nya (ayat 7-8). Dengan demikian orang-orang yang mengandalkan illah lain akan rugi besar (ayat 4), sehingga Daud tidak akan pernah mau ikut-ikutan mereka menyembah berhala.

Bagi Daud, memiliki Tuhan berarti memiliki hidup sejati karena Tuhanlah satu-satunya sumber hidup. Karena itu memiliki Tuhan berarti memiliki segala-galanya, karena Tuhan adalah sumber berkat.

Sahabat, Daud  merasa berbahagia karena diberkati Allah. Sebab allah lain tidak dapat melakukan apa-apa. Karena itu, siapa yang mengikuti allah lain pasti kecewa (ayat 4). Allah pemilik kehidupan kita tidak akan merancangkan yang jahat. Dia juga tidak akan membiarkan anak-anak-Nya mengalami kebinasaan kekal. (ayat 10). Allah akan membimbing anak-anak-Nya dalam menjalani kehidupan. Jalan yang akan ditempuh itu akan mendatangkan sukacita, kebahagiaan, dan nikmat senantiasa (ayat 11).

Daud mengerti benar bahwa sukacita dan sorak-sorai bukanlah bergantung dari berat-ringannya situasi yang sedang ia hadapi. Tetapi ia percaya bahwa dengan memandang kepada Tuhan, menyadari kehadiran Tuhan yang selalu berjalan di sebelahnya dengan setia akan membuatnya mampu untuk terus berdiri tegak meski situasi sama sekali tidak kondusif. Bagi Daud, kehadiran Tuhan bersamanya merupakan kunci utama yang membuatnya mampu terus hidup dengan penuh sukacita dan keriangan. Bersama Tuhan dia tidak perlu takut. Bersama Tuhan ada solusi,  jawaban, pertolongan bahkan kemenangan. Bersama Tuhan kita akan selalu bisa bersukacita.

Ingatlah! Sahabat, Daud menyadari bahwa sukacita dan kebahagiaan yang ia alami adalah berada di dalam tangan Tuhan. Untuk itu Daud terus menambatkan imannya kepada Tuhan. Selain itu Daud juga bersyukur kepada Tuhan, karena melalui Tuhanlah semua kebahagiaan yang dirasakannya dalam masa kelam maupun dalam masa senang. Daud juga yakin bahwa Tuhanlah sebagai penyelamat dan penjaganya, berdiri di sebelah kanannya di tengah-tengah pasang surut kehidupan yang ia jalani. Maukah Sahabat dan saya menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya penjaga dan sumber hidup? Tuhan memberkati Sahabat dan keluarga. (pg)

One thought on “Mendatangkan SUKACITA, KEBAHAGIAAN, dan NIKMAT Senantiasa

  1. Shalom….Selamat pagi Pak Paul dan para Sahabat pendukung Kristus.
    Salam sehat dan penuh sukacita bersama Kristus.
    Puji Tuhan….kabar baik…🙏🙏 , kasih setia Tuhan masih kami rasakan dan tak pernah berkesudahan sampai saat ini , Rahmat-Nya selalu baru di setiap pagi.
    Kami mengucapkan Selamat Ulang Tahun Pernikahan ke-39 untuk Bapak dan Ibu Paul Gunawan.
    Biarlah Berkat Tuhan selalu tinggal bersama Bp/Ibu Paul Gunawan beserta anak dan cucunya.
    Terima kasih utk Renungan Firman Tuhan pagi ini yang menguatkan iman kita supaya kita selalu mengandalkan dan menomorsatukan Tuhan di dalam kehidupan kita , karena semuanya ajan mendatangkan sukacita , kebahagiaan serta nikmat senantiasa….Immanuel.
    Tuhan Yesus Memberkati …Selamat beraktivitas di dalam kasih Tuhan .

Leave a Reply