+62 24 8312162

Hot Line Number

+62 24 8446048

Fax

Jl. Sompok Lama no. 62c Semarang

Kantor Pusat

JAGALAH PERKATAANMU

9 Apr

JAGALAH PERKATAANMU

Selamat jumpa para Pendukung Kristus, apa kabar? Salam sehat dan perkataan kita penuh dengan kasih dan tidak hambar. Sahabat, pepatah lama berkata, “Mulut kamu harimau kamu” yang artinya keselamatan dan harga diri kita tergantung pada perkataan kita sendiri. Ternyata sangat besar peranan perkataan dalam kehidupan. Kalau perkataan kita dapat dipegang, maka kita akan menjadi orang yang dapat dipercaya.

Wouw! Kekuatan dari perkataan ternyata sangat luar biasa, karena itu kita perlu berhati-hati dengan ucapan kita.   Apalagi kita sebagai anak-anak Tuhan harus bisa menjadi kesaksian dalam perkataan kita,  “… Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” (1 Timotius 4:12-b).

Sahabat, menjaga sikap, tingkah laku dan perbuatan itu memang perlu dan baik. Namun jangan lupa bahwa ada bahaya yang mengancam lewat mulut yang tidak terjaga. Kita diingatkan untuk terus menjaga hati, karena yang diucapkan mulut meluap dari hati (Matius 12:34). Selain itu, ingatlah pesan penting dari Yakobus, “Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;” (Yakobus 1:19).

Tuhan Yesus sendiri mengingatkan kita mengenai pentingnya menjaga perkataan, “Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.” (Matius 12:36-37).

Jangan sampai ketika kita menghadapi penghakiman, kita akan diperhadapkan pada daftar panjang perkataan sia-sia yang pernah kita ucapkan selama kita hidup. Seringkali kita mati-matian menjaga sikap, perbuatan dan tingkahlaku kita, namun mengabaikan soal mengeluarkan ucapan. Tidak berhati-hati dalam bercanda, kurang waspada dalam berbicara. Semua itu nanti harus kita pertanggungjawabkan. Apakah kita mempergunakan mulut untuk memuji dan menyembah Tuhan, mengucap syukur dan memberkati dan membangun orang lain, atau semua yang keluar hanya sumpah serapah dan lain-lain yang sia-sia sifatnya.

Sahabat, lalu, bagaimana cara menjaga perkataan kita?  Pertama.  perkataan penuh kasih.  Artinya suatu perkataan yang penuh dengan keramahan dan didasari oleh kasih setelah terlebih dahulu dipertimbangkan dengan matang, sehingga orang lain yang mendengarnya dibangun, dikuatkan, dihibur serta didorong ke arah yang positif,  “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.”  (Efesus 4:29).  

Kedua,   perkataan yang menyampaikan firman.  Nasihat Rasul Petrus, “Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; …”  (1 Petrus 4:11-a).  Perkataan kita hendaknya sesuai dengan firman Tuhan, bermuatan kesaksian dan nasihat sehingga orang yang mendengarnya diberkati.

Ingatlah! Sahabat, mulut letaknya sama, namun dari mulut yang sama bisa keluar keduanya, baik berkat maupun kutuk. (Yakobus 3:10). Ini yang harus kita cermati dengan baik, agar segala ibadah kita jangan menjadi sia-sia. Tuhan memberkati Sahabat dan keluarga. Tuhan selalu punya cara untuk menolong kita agar dari mulut kita selalu keluar berkat. (pg)

One thought on “JAGALAH PERKATAANMU

  1. Shalom …Selamat jumpa Pak Paul dan para Sahabat pendukung Kristus
    Salam sehat , penuh semangat dan pengharapan di dalam Kristus .
    Puji Tuhan ….kabar baik …🙏🙏.
    Kita masih bisa menikmati kasih setia Tuhan yg tak pernah berkesudahan di dalam hidup kita.
    Trm.kasih utk Renungan Firman Tuhan pagi ini yg menjadi Rhema dan menjadi tuntunan supaya kita bertanggung jawab dengan perkataan kita.
    Biarlah kita berkata dengan penuh kasih serta menyampaikan Firman Tuhan supaya menjadi berkat bagi sesama….Immanuel.
    Tuhan Yesus Memberkati kita…biarlah perkataan kita boleh menjadi berkat bagi Tuhan dan sesama.. ..🙏🙏

Leave a Reply