+62 24 8312162

Hot Line Number

+62 24 8446048

Fax

Jl. Sompok Lama no. 62c Semarang

Kantor Pusat

TUHAN BUKIT BATUKU

18 Feb

TUHAN BUKIT BATUKU

Selamat jumpa para Pendukung Kristus, apa kabar? Salam sehat penuh syukur. Sahabat, maaf, selama kita masih hidup di dunia, jangan pernah bermimpi akan terluput dari sakit, krisis, kegagalan, masalah, dan pergumulan lain yang menyesakkan.   Yang terpenting adalah bagaimana reaksi kita dalam menyikapi hal-hal yang menyesakkan. 

Sahabat, sesungguhnya setiap orang pasti pernah mengalami situasi hidup dalam kesesakan. Sesak karena sakit yang tidak kunjung sembuh. Sesak karena persoalan keluarga yang tak kunjung selesai,  tidak kunjung mendapatkan pekerjaan, bisnis yang terus merugi,  studi yang tidak berjalan dengan lancar, persoalan posisi kita yang terancam, dan lain sebagainya.

Sesungguhnya, Tuhan tidak pernah meninggalkan kita dalam kesesakan. Selama kita masih berjalan di jalan Tuhan, maka setiap ujian yang Tuhan izinkan terjadi, Tuhan akan turut memikulnya. Tuhan hanya ingin kita melalui setiap prosesnya dengan iman dan kesabaran agar beroleh kualitas yang luar biasa. Di dalam setiap kesesakan kita, Tuhan ada. Di dalam setiap jalan buntu yang kita alami, Tuhan akan buka jalan. Tuhan tidak pernah meninggalkan kita, sebab Dia adalah Allah yang setia.

Sahabat, Daud, yang hidup melekat kepada Tuhan, juga tidak luput dari hal-hal yang menyesakkan, namun ia telah siap sebelum hal-hal yang menyesakkan menyerang, karena ia sudah  tinggal  di dalam firman-Nya, sehingga dalam situasi yang buruk sekalipun, dengan penuh keyakinan, ia dapat berkata,  “Ya TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku, Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku!”  (Mazmur 18:3).

Mazmur 18 merupakan nyanyian syukur Daud kepada Tuhan ketika Tuhan telah melepaskan dia dari cengkeraman semua musuhnya dan dari cengkeraman Saul. Artinya nyanyian syukur ini lahir dari pengenalan akan penyertaan dan pemeliharaan Tuhan atas kehidupannya;  dia diselamatkan dan dilepaskan dari mara bahaya yang mengancam hidupnya.

Sahabat pada ayat 5 dan 6 digambarkan seperti apa kesesakan yang dialami oleh Daud:  Tali-tali  maut telah melilit dirinya, banjir-banjir jahanam menimpanya, tali-tali dunia orang mati telah membelitnya, dan perangkap-perangkap maut terpasang di depannya. Dari gambaran tersebut kita dapat menyimpulkan betapa berbahayanya kehidupan yang sedang dihadapi  Daud saat itu. Secara nalar hampir-hampir tidak mungkin dia untuk selamat.

Di dalam kesesakan tersebut Daud melakukan hal yang benar dengan berseru dan berteriak kepada Tuhan. Dia mendengar seruan Daud dari bait-Nya dan teriakannya minta tolong masuk ke telinga Tuhan. Itu berarti Tuhan menyelamatkan Daud dari marabahaya yang menghimpitnya dan dari kecelakaan yang akan menimpanya.

Ingatlah! Sahabat, ketika kita mengalami kesesakan, kepada siapakah kita berseru meminta pertolongan? Siapakah yang kita jadikan sebagai gunung batu, tempat perlindungan, perisai dan kota benteng tempat pelarian, ketika kita menghadapi pergumulan hidup yang menghimpit kita? Di dalam kesesakan yang kita hadapi, berserulah kepada Tuhan dan Dia akan bertindak untuk menyelamatkan kita,  “Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.” (Mazmur 50:15). Tuhan memberkati Sahabat dan keluarga. Tuhan selalu punya cara untuk menolong kita lepas dari kesesakan. (pg)

One thought on “TUHAN BUKIT BATUKU

  1. Shalom….Selamat pagi Pak Paul dan Sahabat para Pendukung Kristus.
    Puji Tuhan….kabar baik…🙏🙏👍, Atas kasih setia dan anugerah-Nya kita masih bisa beribadah dan merenungkan sebagian dari Firman-Nya.
    Terima kasih utk Penyertaan dan Pemeliharaan Tuhan yg tak pernah berubah kasih setia-Nya.
    Tks utk Renungan Firman Tuhan pagi ini yg menguatkan dan menyegarkan iman kita supaya Tuhan menjadi satu2nya andalan hidup kita.
    Mari kita belajar dari raja Daud yg selalu berseru kepada Tuhan sekalipun lagi nenghadapi situasi yg sangat terpuruk , karena Daud yakin bahwa Tuhan adalah kota benteng , tempat perlindungan dan juga gunung batu bagi kita semuanya dan Dia yg ajan bertindak utk menolong kita…..Immanuel.
    Tuhan Yesus Memberkati kita semua….Selamat Hari Minggu dan Selamat Beribadah…🙏🙏

Leave a Reply