+62 24 8312162

Hot Line Number

+62 24 8446048

Fax

Jl. Sompok Lama no. 62c Semarang

Kantor Pusat

TUHAN MENYELIDIKI HATI

21 Nov

TUHAN MENYELIDIKI HATI

Selamat jumpa para Pendukung Kristus, apa kabar? Setiap orang pasti memiliki motivasi dalam melakukan segala sesuatu. Hampir setiap hari saya bangun tidur sekitar jam 03.00 fajar dengan tujuan supaya saya mendapatkan suasana yang hening untuk bersaat teduh. Saya punya waktu yang cukup untuk berdoa dan merenungkan firman Tuhan. Selain itu saya punya waktu untuk menikmati sarapan buah dan membagikan renungan kepada teman-teman.

Saudara,   Apa itu motivasi?  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) motivasi:  1. Dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu; 2. Usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya.

Dengan kata lain motivasi adalah sebuah kekuatan yang melatarbelakangi perencanaan, keputusan, pilihan dan tindakan seseorang.  Kekuatan inilah yang memberi semangat dan gairah mengerjakan segala hal, baik positif maupun negatif.

Selain itu motivasi berbicara tentang sikap hati seseorang. Berangkat dari hal inilah maka Tuhan lebih memerhatikan motivasi dalam diri seseorang ketika melakukan segala sesuatu, karena Ia melihat hati, bukan apa yang tampak secara kasat mata. 

Sangat jelas, Tuhan berbicara kepada nabi Yeremia, “Aku, TUHAN, yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya.”  (Yeremia 17:10.). Tuhan menyelidiki niat dan cita-cita kita,  “… dan mengerti segala niat dan cita-cita.”  (1 Tawarikh 28:9). 

Maka dari itu kita harus selalu menjaga motivasi secara benar dalam mengerjakan apa pun:  pekerjaan, hubungan dengan sesama, dan terlebih dalam melayani Tuhan, sebab motivasi yang ada dalam hati secara otomatis memengaruhi pikiran, tindakan, perilaku dan reaksi kita.  Kalau motivasi kita benar semua yang kita hasilkan adalah benar dan bisa menjadi berkat bagi orang lain.  Demikian pula sebaliknya!

Saudara, memang tidak mudah kita mengerti motivasi dalam diri seseorang, sebab motivasi dapat dibalut atau disembunyikan secara rapi dibalik sikap, perilaku ataupun tindakan. Pepatah lama mengatakan, “Dalamnya laut dapat diduga, dalamnya hati siapa tahu.” 


Ingatlah! Tuhan mengetahui rahasia hati setiap orang, karena itu berhati-hatilah!

Milikilah motivasi yang benar dalam mengerjakan segala sesuatu, sebab Tuhan menyelidiki hati dan menguji batin kita!  Ia tahu secara persis apa yang ada di dalam hati kita. Jadi, Tuhan tidak hanya melihat dan menilai apa yang kita perbuat, tetapi lebih daripada itu,  Ia menilai, memerhatikan, dan menyelidiki motivasi  kita. Tuhan memberkati Saudara dan keluarga. Better days are coming. (pg) 

Leave a Reply