+62 24 8312162

Hot Line Number

+62 24 8446048

Fax

Jl. Sompok Lama no. 62c Semarang

Kantor Pusat

BERENCANA itu KEREN

12 Oct

BERENCANA itu KEREN

Selamat jumpa para Pendukung Kristus, apa kabar? Semoga kita sudah terbiasa membuat rencana untuk hidup kita. Minimal rencana harian sederhana, apa yang ingin kita kerjakan sepanjang hari ini. Orang bijak berkata, “Kalau kita tidak membuat rencana, maka sesungguhnya kita merencanakan kegagalan.”


Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berusaha merangkul generasi milenial, golongan remaja dan pemuda dengan tagline dan lagu: “Berencana Itu Keren”. Saya setuju sekali. Kita perlu punya rencana dengan hidup dan keluarga kita. Tuhan Yesus sudah mengingatkan kita melalui perumpamaan, “Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu?”  (Lukas 14:28)

Saudara, perjalanan hidup kita sesungguhnya seperti kalau kita akan melakukan sebuah perjalanan ke tempat tertentu yang cukup jauh.Kita perlu mempunyai tujuan tertentu yang jelas. Demikian pula dengan kehidupan ini, kita pun harus memiliki tujuan yang jelas.  Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan perencanaan yang benar-benar matang.  Perencanaan itu bagaikan peta petunjuk yang menuntun kita kepada suatu tujuan. 

Dengan demikian kalau kita merindukan kehidupan yang lebih baik dan bermasa depan cerah, kita perlu memiliki perencanaan yang jelas. 

Kata Pak Aristarchus Sukarto, “Hidup itu sebuah proses.” Karena itu keberhasilan hidup tidak bisa terjadi dalam waktu semalam. Selain itu kita harus berani membayar harganya untuk menggapai keberhasilan hidup.  Artinya keberhasilan merupakan sebuah proses dan setiap proses selalu diawali dengan perencanaan dan kemudian kerja keras.  Yakinlah tanpa perencanaan yang baik dan kerja keras, keberhasilan tidak akan pernah singgah di hidup kita. 

Mulai dari sekarang buatlah perencanaan yang matang dan beranilah berjalan di mil kedua, bekerja lebih keras.  Walaupun kita sudah membuat perencanaan dengan matang dan sudah bekerja keras, ada kalanya kita masih menuai kegagalan.   Nah, adakalanya melalui kegagalan, kita diingatkan agar selalu melibatkan Tuhan di setiap perencanaan.  Dalam segala hal seharusnya kita berkata,  “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.”  (Yakobus 4:15).

Yesus memberikan sebuah ilustrasi yang lain tentang pentingnya sebuah perencanaan hidup:  “Atau, raja manakah yang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang?”  (Lukas 14:31). 

Ingatlah! Karena itu setiap kali membuat sebuah rencana jangan sekali-kali kita melupakan Tuhan, sebab Dialah yang berdaulat atas hidup kita. Kata Pak Andreas Christanday, “Tuhan itu tahu akhir di awal.” Salomo mengingatkan kita, “Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.”  (Amsal 16:3). GBU & Fam. Better days are coming. (pg).

Leave a Reply