+62 24 8312162

Hot Line Number

+62 24 8446048

Fax

Jl. Sompok Lama no. 62c Semarang

Kantor Pusat

Oh Indahnya Berbagi

Oh Indahnya Berbagi

Bacaan Alkitab: “Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum” (Amsal 11:25)

Hari ini, Rabu, 01 Juli 2020 bertepatan dengan Hari Bayangkara ke-74, kita kado apa buat Polri kita? Mari kita ucapkan selamat dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada setiap polisi kita sebagai garda terdepan dalam mengamankan NKRI bergandengan tangan dengan TNI. Fasilitas apa di HUTnya yang ke-74 ini? Ada pelayanan SIM Gratis bagi yang lahirnya di tanggal 1 Juli, hanya membayar biaya kesehatan saja, baik bagi yang perpanjangan maupun SIM baru.

Konon, danau Galilea dan Laut Mati di Palestina memiliki karakteristik yang berbeda. Di Danau Galilea hidup banyak ikan. Para nelayan biasa menangkap ikan di sana. Di sekitarnya hidup bermacam tumbuhan hijau dan subur. Kontras dengan Laut Mati. Air Laut Mati banyak mengandung garam, sehingga tak ada makhluk hidup yang mampu bertahan di sana. Daerah di sekelilingnya pun kering dan gersang.

Mengapa bisa demikian? Rupanya begini, danau Galilea memperoleh air dari sungai-sungai kecil yang ada di sekitarnya, lalu mengalirkannya ke Sungai Yordan. Membuat tanah di sepanjang aliran antara danau itu dengan Sungai Yordan menjadi subur. Sebaliknya, Laut Mati memperoleh air dari Sungai Yordan, tetapi ia tidak mengalirkannya ke mana pun. Laut itu sama sekali tidak punya saluran keluar.

Apakah hikmah dari keduanya? Oh Indahnya Berbagi. Berbagi itu menyehatkan. Bukan saja bagi orang yang menerima, melainkan juga bagi yang memberi. Maka, mari kita tidak memandang sepele berbagi berkat kepada yang lain, seolah-olah kita melulu yang berkorban. Tidak. Sebab pada saat kita memberi, saat itu juga sebetulnya kita menerima, walau pun mungkin dalam bentuk yang berbeda. Berkat yang kita tebar akan selalu berbunga dan berbuah. Sebaliknya, berkat yang kita simpan hanya untuk diri sendiri malah bisa membusuk. Contoh nyata berbagi 5 roti dan 2 ikan, kita menuai dengan sisa 12 bakul (Yohanes 6:1-13).

Sebagai pengikut Tuhan Yesus Kristus, kita dipanggil untuk menjadi penyalur berkat, seperti Danau Galilea; bukan menjadi penimbun berkat seperti Laut Mati. Dengan memberi kita mendapat, dengan menahan berkat kita justru akan kehilangan (Amsal 11:24)

Hikmat hari ini: Di balik berkat yang kita terima, tersimpan tanggung jawab untuk berbagi dengan sesame. Selamat memasuki hari baru hari ini, Selamat ulang tahun Polri ke-74, Tetap semangat jadi berkat bagi NKRI di era New Normal Ini. Jesus Christ bless you (sp)

Leave a Reply