+62 24 8312162

Hot Line Number

+62 24 8446048

Fax

Jl. Sompok Lama no. 62c Semarang

Kantor Pusat

Harga Bukan Dari Penampilan

26 Jun

Harga Bukan Dari Penampilan

Bacaan Alkitab: “Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: ’Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab AKU telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat TUHAN; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati’”. (1 Samuel 16:7)

Bila ditanya tentang pelayanan yang paling berharga bagi TUHAN, kebanyakan kita akan langsung berpikir tentang pelayanan rohani di tempat ibadah yang biasa dilakukan; misalnya memimpin pujian, menyanyi dalam paduan suara, pemberitaan kabar baik pribadi, pelawatan, dan sebagainya. Padahal, sesungguhnya pelayanan yang dilakukan bagi TUHAN bisa lebih banyak bentuk dan luas cakupannya.

Cerita tentang Dorkas membukakan wawasan kita tentang arti sebuah pelayanan. Alkitab Firman TUHAN tidak terlalu banyak memberi keterangan mengenai Dorkas. Ia hanya disebut sebagai seorang murid perempuan dari Yope (Kis. 9:36), yang memiliki nama lain Tabita. Namun, Alkitab mencatat bahwa ia adalah wanita yang banyak berbuat baik dan memberi sedekah, khususnya menjahit pakaian bagi para janda (Kis. 9:39). Jika dibandingkan dengan Petrus atau Paulus, nama Dorkas memang kurang populer. Pekerjaan yang dilakukannya pun tak sehebat murid TUHAN Yesus Kristus yang lain. Namun, apa yang telah dilakukannya berharga bagi TUHAN.

Ya, inilah pelayanan yang berharga di mata TUHAN. TUHAN tidak menilai pelayanan dari seberapa banyak pelayanan yang telah dilakukan, tetapi dari sikap hati sang pelayan (1 Samuel 16:7). Melayani TUHAN, sekecil apa pun, bila diiringi motivasi untuk memuliakan TUHAN dan dilakukan dengan tulus hati, maka pelayanan itu berharga bagi-Nya. Sebaliknya, meski pelayanan kita tampak luar biasa tetapi tidak dilakukan dengan tulus atau didasari motivasi memuliakan diri sendiri, maka hasilnya tak akan berarti di hadapan TUHAN. Sudahkah pelayanan kita didasari motivasi yang murni dan dikerjakan dengan tulus ikhlas? ”Harga Bukan Dari Penampilan”

Hikmat hari ini: Perbuatan sederhana yang dilakukan dengan tulus ikhlas, pasti menjadi berkat yang berharga di mata TUHAN dan sesama.

Selamat memasuki hari baru hari ini, ”Sesepele bagaimana pun dilakukan dengan tulus ikhlas bagi TUHAN dan sesama memuliakan nama TUHAN.” Jesus Christ bless you (sp).

Leave a Reply